Saat ini bangsa Indonesia tengah didera oleh krisis multidimensi yang sangat memprihatinkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk membawa negeri ini keluar dari krisis tersebut. Reformasi bidang politik; perbaikan sistem pemerintahan; pembenahan bidang ekonomi; penataan kembali sistem hukum; reformasi sistem pendidikan nasional; pemberantasan kolusi, korupsi dan nepotisme dan pembinaan bidang moral dan spiritual merupakan bagian dari langkah-langkah yang tengah ditempuh untuk upaya mengatasi krisis yang dimaksud.
Radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang paling efektif. Komunikasi radio yang bersifat auditif, tidak menuntut khalayak untuk membaca atau kemampuan untuk melihat. Melainkan sekedar kemampuan mendengar lewat indra telinga. Justru dengan keterbatasannya radio memiliki keunggulan, antara lain pesawat penerima radio harganya relatif murah, praktis penggunaanya dan orang bisa mendengarkan radio sambil mengerjakan aktifitas lainnya.
Saat ini kebutuhan akan perlunya informasi di era reformasi ini semakin meningkat. Melalui radio masyarakat luas dapat menerima berbagai informasi dalam waktu cepat. Disamping itu radio dikenal fungsinya sebagai media penerangan, pendidikan dan hiburan. Untuk itulah kami berminat untuk ikut mendirikan dan menyelenggarakan radio siaran swasta sebagai wujud peran serta kami dalam pembangunan nasional dan daerah, khususnya di Kabupaten Ponorogo.