Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat, Tebal dan Sehat

Apakah benar menggunduli rambut bayi bisa membuatnya kemudian tumbuh subur dan lebat?

Begini sebenarnya…

Rambut pada bayi adalah rambut velus, yaitu rambut sementara yang akan habis setelah usianya mencapai 1-3 bulan. Artinya, walaupun Anda tidak menggunduli rambut bayi Anda, sebenarnya rambut bawaan lahirnya tidak akan terbawa seumur hidupnya, karena semuanya akan rontok dan akan digantikan dengan rambut yang baru

Rambut bayi bisa saja tumbuh tebal tanpa digunduli dan sebaliknya, ada juga sebagian bayi yang walaupun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Artinya, tebal atau tipisnya rambut bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Loh, tapi seringkali setelah digunduli rambut bayi memang terasa dan nampak lebih tebal tuh?

Ya, tapi bukan berarti rambutnya bertambah… Lebih tebalnya rambut si kecil disebabkan rambut velus yang tadinya berbentuk lancip, setelah dipotong maka jadi berbentuk tumpul. Rambut tumpul inilah yang kemudian tumbuh, sehingga rambut si bayi menjadi lebih tebal. Begitulah penjelasannya berdasarkan ilmu kesehatan.

Jadi, rambut bayi tidak perlu digunduli?

Tetap, menggunduli rambut bayi yang baru lahir memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit kepalanya. Banyak kerak kotoran yang menempel dan menutup pori-pori kulit kepalanya akan terbuang sehingga kulit tersebut akan bersih dan ‘bisa bernafas’ dengan baik.

Gizi yang Baik Menghasilkan Rambut Bayi yang Sehat

Inilah sebenarnya kunci sehatnya rambut bayi. Selain dari faktor genetik atau keturunan, faktor gizi juga sangat mempengaruhi pertumbuhan rumbut bayi Anda. Pastikan bayi Anda menerima asupan:

  • Protein – telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan sangatlah baik sebagai sumber protein.
  • Asam lemak Omega-3 – ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol dikenal sebagai sumber bagi zat ini.
  • Zat Besi – lentil, bayam, kacang merah, tomat, kentang memiliki kandungan zat besi yang banyak.
  • Vitamin – buah-buahan, sayuran, kacang hijau, gandum mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A, B dan C

Jika bayi Anda masih dalam masa ASI Eksklusif (6 bulan), maka ibunyalah yang harus mengkonsumsi berbagai asupan bergizi ini. Jika bayi Anda sudah diberi MPASI, maka selain ibunya, berbagai asupan bergizi di atas sebaiknya Anda sertakan dalam resep makanan bayi Anda. Silahkan lihat beberapa kumpulan resep makanan bayi di sini.

Jaga Kesehatan Rambut

Setelah gizinya diperhatikan, berikutnya adalah berkaitan dengan kebersihan rambut dan kulit kepala bayi Anda. Tentu saja rambut yang sehat adalah yang terjaga kebersihannya.

Gunakanlah shampoo khusus bayi, karena selain tidak mengandung zat kimia sebagaimana shampoo untuk orang dewasa, ia pun tidak pedih di mata. Keringkan rambutnya secara perlahan, dan jangan digosok terlalu kencang. Gunakan sisir bergigi besar dan jarang, atau sisir sikat.

Semoga berhasil!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *