kid-reading

Cara Membangun Minat Baca Anak

Saat ini anak-anak lebih suka menyibukkan dirinya sendiri dengan bermain video games, menonton serial televisi, dan memainkan jejaring sosial dibandingkan melakukan kegiatan yang bermanfaat lainnya, seperti membaca buku. Padahal membiasakan anak untuk gemar membaca akan membuka wawasannya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, serta meningkatkan kreativitasnya sehingga terpacu untuk belajar. Namun, tak semua anak menyukai kegiatan membaca ini. Bila Anda memiliki seorang anak yang tidak gemar membaca, maka ada strategi yang bisa membuat anak mengubah perilakunya tersebut. Untuk mengetahui strategi atau cara apa yang bisa Anda gunakan, sebaiknya simak tips berikut ini yang dicuplik dari Galttime.com:

1. Jangan memberi label

Orangtua seringkali memberi label bahan bacaan untuk anak, seperti bacaan yang baik dan buruk. Beberapa orantua menganggap bahwa komik, novel, dan buku cerita lainnya merupakan bacaan yang tidak begitu bagus. Padahal bacaan tersebut tetap memiliki nilai sastra. Agar si anak mau membaca, sebaiknya Anda tidak memaksa untuk membaca buku yang tidak disukainya.

2. Mulailah dengan minat mereka

Jika si anak gemar bermain video games, maka mulailah merangsang keinginan bacanya dengan membelikan komik berdasarkan permainan atau membelikan majalah games. Saat ini sudah ada novel grafis yang diformat seperti komik dan memiliki teks yang bisa dibaca seperti sebuah novel. Bacaan ini bisa Anda jadikan sebagai bacaan alternatif untuk si anak. Perlu diketahui juga, biasanya si anak lebih menyukai bacaan yang terdapat gambar dan variasi warna.

3. Ikuti petunjuk mereka

Untuk membangun minat baca pada anak, Anda bisa membelikannya buku bacaan sesuai dengan minatnya. Si anak akan semakin tertarik untuk membaca asalkan dibelikan buku bacaan yang disukainya. Bila si anak keras kepala dan tetap tidak suka membaca, maka mintalah saran padanya memilihkan buku untuk adik, teman, atau sepupunya. Dengan begitu Anda bisa melihat buku bacaan apa yang ia sukai.

4. Tanamkan nilai baca

Bila si anak mengungkapkan kata baru atau bercerita sesuatu yang baru, maka Anda patut menanyakannya dari mana kata-kata tersebut ia dapat. Tekankan bahwa ia mendapatkan pengetahuan berdasarkan bahan bacaannya. Bagaimanapun juga Anda sebagai orangtua harus mendidik anak agar gemar membaca. Dengan membaca tentunya akan membuat si anak menjadi pintar dan memperluas wawasannya. (Abrowi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *