501087_dapur

Tips Merawat Peralatan Dapur

Dapur merupakan tempat dimana makanan dibuat. Tempat yang menyimpan banyak sekali peralatan dapur. Memasak adalah kegiatan yang dilakukan setiap hari. Bahkan dalam sehari, peralatan tersebut akan digunakan lebih dari sekali. Agar tetap awat dan bisa siap dipakai, peralatan dapur tersebut harus dirawat dengan baik. Perawatan dan cara mencuci yang salah hanya akan membuat peralatan cepat rusak.

Saat ini peralatan khusus untuk dapur hadir dengan barbagai bentuk. Bahkan bahan baku yang digunakan pun semakin beragam. Sekarang bahan-bahan baku yang banyak digunakan untuk membuat peralatan dapur adalah plastik, aluminium, tembaga , kuningan, perak dan kayu (terutama untuk sendok nasi dan peralatan makan).

Bahan baku yang berbeda membuat cara merawatnya juga berbeda. Berikut beberapa cara perawatan perbulan berdasarkan bahan baku pembuatannya:

Peralatan yang terbuat dari Plastik

  • Untuk peralatan plastik pertama celupkan dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun selama 15-20 menit. Kemudian dicuci biasa dengan spon bersabun. Kemudian bilas kembali dengan air hangat. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membersihkan peralatan plastik yang terkena minyak, mentega dan krim.
  • Selain menggunakan air hangat sabun untuk rendaman peralatan plastik. Baking soda yang sudah dicampur dengan air hangat juga bisa menjadi pilihan.

Peralatan yang terbuat dari Aluminium

Kebanyakan peralatan dapur yang menggunakan aluminium adalah panci. Bagian panci yang paling susah dibersihkan adalah bagian bawahnya. Cara untuk membersihkan bagian bawah yang sudah menghitam adalah:

  • Gunakan abu gosok dan sikat baja
  • Gunakan air rebusan yang sudah dicampur dengan cuka
  • Rebus air bersama beberapa helai kulit apel dengan menggunakan panci yang hitam agar bagian dalam panci bisa mudah dicuci

Peralatan yang terbuat dari Tembaga dan Kuningan

  • Banyak orang percaya membersihkan bagian yang hitam dan kotor pada wajan yang terbuat dari tembaha dan kuningan adalah menggunakan pasta tomat. Oleskan pasta tomat pada daerah yang kotor lalu gososk hingga bersih.
  • Selain menggunakan pasta tomat, pasta gigi juga bisa.

Peralatan dari Anti Lengket dan Kaca

  • Celupkan pada air agar nasi atau sayuran yang menempel lepas terlebih dahulu baru gunakan spon lembut dan sabun cuci dalam jumlah banyak yang mengandung jeruk nipis. Jangan menggunakan bagian kasar dari spon. Bilas hingga bersih.

Sekian tips dari suargo fm untuk merawat peralatan dapur, semoga bermanfaat. Geo

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *